Rabu, 12 Juni 2013

Dasar Kerja Mesin 4 Langkah (4 Tak)

Pada bagian ini saya akan menjelaskan dasar dari cara kerja mesin 4 langkah (4 Tak) itu,

  • Langkah Hisap
Pada langkah hisap, piston bergerak turun dari TMA ke TMB dan dalam ruang cylinder terjadi kevakuman. Di sebabkan klep(katup) masuk terbuka mkaa campuran bahan bakar masuk kedalam cylinder. (Sehingga makin besar campuran bahan bakar yang masuk, makin besar juga tenaga yang di hasilkan).



  • Langkah Kompresi
Pada langkah Kompresi, piston bergerak naik dari TMB ke TMA. Pada saat piston naik kedua klep yaitu Klep masuk dan klep buang tertutup, sehingga campuran bahan bakar dan udara dimampatkan dan tekanannya menjadi besar.


  • Langkah Tenaga (Usaha)
Sesaat sebelum mencapai TMA, Busi mengeluarkan bunga api yang mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara terbakar  dan tekanan gas ini akan mendorong piston turun dari TMA ke TMB, maka diperoleh tenaga dorong yang kemudian oleh poros engkol diubah menjadi tenaga putar.


  • Langkah Buang
Pada langkah buang ini piston bergerak keatas dari TMB ke TMA, dan pada saat ini klep buang terbuka, sehingga gas yang telah terbakar dapat didorong keluar melalui klep buang tersebut. Bila gas yang telah terbakar tidak semuanya terbuang, akibatnya campuran bahan bakar yang masuk pada langkah berikutnya menjad sedikit dan mengakibatkan tenaga berkurang. Untuk menghindari hal ini, maka piston sebelum mencapai TMA klep masuk terbuka dan pada saat ini klep buang belum tertutup (Klep buang dan klep masuk sama-sama dalam keadaan terbuka). Saat dimana klep buang dan klep masuk dalam keadaan terbuka ini disebut overlap klep (Valve Overlap).


0 komentar:

Posting Komentar